Hotline 081904347000
Informasi lebih lanjut?

Rukun Haji

17 November 2023 61x Haji

Home » Haji » Rukun Haji

Rukun haji adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap muslim yang mampu secara finansial dan fisik untuk menunaikan ibadah haji. Haji merupakan salah satu dari lima rukun Islam yang merupakan salah satu dasar utama ajaran Islam. Secara harfiah, haji berarti kunjungan ke tempat suci Mekah di Kerajaan Arab Saudi. Rukun haji terdiri dari beberapa tahapan yang harus dilalui oleh setiap jemaah haji.

Tahap pertama Rukun haji adalah thowaf,

yaitu mengelilingi Kabah di baitullah dengan tujuh kali putaran mengikuti arah jarum jam. Thowaf dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan pengabdian terhadap Allah SWT. Selama melaksanakan thowaf, jemaah haji harus selalu berfokus pada Allah dan mengingatkan diri mereka sendiri tentang pentingnya ibadah ini.

Tahap kedua Rukun haji adalah sa’i,

yaitu berlari-lari kecil antara bukit Safa dan Marwah sebanyak tujuh kali. Sa’I merupakan pengingat terhadap perjuangan Siti Hajar, istri Nabi Ibrahim, yang mencari air di padang pasir untuk buah hatinya Ismail. Sa’I juga sebagai simbol kesabaran dan ketaatan kepada Allah SWT.

Tahap ketiga Rukun haji adalah wukuf di Arafah,

yaitu berdiri di padang Arafah di siang hari tanggal 9 Dzulhijjah. Wukuf di Arafah adalah momen penting dalam ibadah haji karena dianggap sebagai puncak ibadah haji. Saat berada di Arafah, jemaah haji berdoa dan bertafakur dengan sungguh-sungguh, memohon ampunan dan berdoa kepada Allah SWT. Wukuf di Arafah juga merupakan saat yang paling penting karena di sinilah Nabi Muhammad SAW memberikan Khutbah Wida’ atau khutbah perpisahan terakhirnya.

rukun haji

Tahap keempat Rukun haji adalah melempar jumrah,

yaitu melempar tujuh batu ke tiga tiang yang disebut jumrah di Mina. Melempar jumrah adalah simbol untuk menolak godaan setan dan ujian dalam hidup. Setiap lemparan diikuti dengan berdoa dan beristighfar untuk memohon ampunan serta mendekatkan diri kepada Allah.

Tahap terakhir Rukun haji adalah tahallul,

yaitu bercukur atau memendekkan rambut secara keseluruhan atau sebagian. Tahallul menandakan akhir dari ibadah haji. Setelah tahallul, jemaah haji boleh mengenakan pakaian biasa dan melakukan segala aktivitas kehidupan sehari-hari kembali.

Seluruh rukun haji tersebut harus dilaksanakan dengan penuh keikhlasan dan dedikasi.  Jaji bukan hanya sekedar rangkaian ritual, tetapi juga merupakan bentuk pengabdian dan penghormatan kepada Allah SWT. Ibadah haji juga merupakan kesempatan untuk membersihkan diri dari dosa-dosa dan memperbarui hubungan dengan sang Maha Pencipta.

Melalui rukun haji, jemaah haji akan merasakan suka cita yang tak terhingga, kebahagiaan yang luar biasa, dan kedekatan spiritual yang mendalam dengan Allah SWT. Rukun haji adalah perjalanan spiritual yang akan mengubah kehidupan seseorang secara positif.

Dalam rangkaian  haji, ada banyak hikmah yang bisa dipetik. Kebersamaan dan rasa persaudaraan antar muslim di seluruh dunia menjadi sangat terasa saat melaksanakan ibadah haji. Selain itu, rukunhaji juga mengajarkan tentang kesabaran, ketaatan, dan tawakal kepada Allah SWT. Rukun haji adalah bentuk nyata dari ibadah yang mewujudkan hubungan yang lebih dekat dengan Allah dan memperkuat iman kepada-Nya.

Bagi setiap muslim yang memiliki kesempatan dan kemampuan, melaksanakan  haji adalah impian dan kebanggaan yang tak terhingga. Proses perjalanan, pengorbanan, dan ibadah yang dilakukan selama haji membuat mata hati terbuka dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Rukun haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim yang mampu. Mengikutinya adalah bentuk penghormatan dan pengabdian kepada Allah SWT. Melalui  haji, seorang muslim dapat merasakan kedekatan spiritual yang mendalam dengan sang Pencipta dan menghilangkan dosa-dosa. Semoga setiap muslim diberikan kesempatan dan kemampuan untuk melaksanakan  haji dengan penuh sukacita dan keberkahan.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

rukun haji

Rukun Haji

17 November 2023 61x Haji

Rukun haji adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap muslim yang mampu secara finansial dan fisik untuk menunaikan ibadah haji. Haji merupakan salah satu dari lima rukun Islam yang merupakan salah satu dasar utama ajaran Islam. Secara harfiah, haji berarti kunjungan ke tempat suci Mekah di Kerajaan Arab Saudi. Rukun haji terdiri dari beberapa tahapan... selengkapnya

macam macam haji

Macam Macam Haji

16 November 2023 23x Haji

Macam macam Haji adalah salah satu aspek penting dalam agama Islam yang harus dipahami dengan baik oleh umat Muslim yang berencana untuk menjalankan ibadah haji. Haji merupakan salah satu dari lima rukun Islam yang harus dipenuhi oleh setiap Muslim yang mampu secara fisik dan finansial. Ibadah haji adalah momen suci yang mengumpulkan jutaan Muslim dari... selengkapnya

Beda Haji dan Umroh – Perbedaan Haji dan Umrah

Beda Haji dan Umroh – Perbedaan Haji dan Umrah

17 November 2023 81x Haji

Ketika membahas perjalanan spiritual di dalam agama Islam, dua istilah yang paling sering ditemukan adalah haji dan umroh. Haji dan umroh adalah dua kegiatan ibadah yang dijalankan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Namun, seiring dengan semakin populernya kedua ibadah ini, banyak orang yang belum sepenuhnya memahami perbedaan antara haji dan umroh. Sebenarn... selengkapnya

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.